Selasa, 07 Juli 2015

PENETAPAN KADAR HEMOGLOBIN




            Kadar hemoglobin darah dapat ditentukan dengan bermacam-macam cara . yang banyak dipakai dalam laboratorium klinik ialah cara-cara fotoelektrik dan kolorimetrik visual.
Cara fotoelektrik: sianmethemoglobin
Hemoglobin darah diubah menjadi sianmethemoglobin (hemoglobinsianida) dalam larutan yang berisi kaliumferrisianida dan kaliumsianida. Absorbansi larutan diukur pada gelobang 540 nm atau filter hijau. Larutan Drabkin yang dipakai pada cara ini mengubah hemoglobin, oksihemoglobin, methemoglobin dan karboksihemoglobin menjadi sianmethemoglobin. Sulfhemoglobin tidak berubah dan karena itu tidak ikut diukur.

Cara
1.      Ke dalam tabung kolorimeter dimasukkan 5,0 ml larutan Drabkin.
2.      Dengan pipet hemoglobin diambil 20 µl arah (kapiler, EDTA atau oxalat); sebelah luar ujung pipet dibersihkan, lalu darah itu dimasukkan ke dalam tabung kolorimeter dengan membilasnya beberapa kali.
3.      Campurlah isi tabung dengan membalikkannya beberapa kali. Tindakan ini juga akan menyelenggarakan perubahan hemoglobin menjadi sianmethemoglobin.
4.      Bacalah dalam spektrofotometer pada gelombang 540 nm; sebagai blanko digunakan larutan Drabkin.
5.      Kadar hemoglobin ditentukan dari perbandingan absorbansinya dengan absorbansi standard sianmethemoglobin atau dibaca dari kurve tera.


Referensi:
Gandosoebrata, R. Penuntun Laboratorium Klinik, Dian Rakyat. Jakarta, 1984

Tidak ada komentar:

Posting Komentar